oleh

Aturan Ganjil Genap Diberlakukan di Cimahi, Pengendara: Malah Macet!

-Nasional-219 views

Cimahi, korankompas.com – Aturan ganjil genap mulai diterapkan Kota Cimahi. Aturan itu diterapkan demi menekan mobilitas warga di tengah penerapan PPKM Level 3.

Ganjil genap tersebut diberlakukan di dua ruas jalan utama Kota Cimahi yakni Jalan Gandawijaya dari mulai Cimahi Mall sampai Simpang Tiga Kolonel Masturi dan Jalan Jenderal Amir Machmud dari mulai Persimpanhan Sangkuriang sampai dengan Simpang Tiga Jalan Daeng Moch Ardiwinata atau Cihanjuang.

Pola pembatasan ganjil genap itu akan diterapkan setiap Senin sampai Jumat dimulai pukul 08.00-18.00 WIB. Sementara pada hari Sabtu dan Minggu pola ganjil genap tidak akan diterapkan.

Namun penerapan pola ganjil genap tersebut tak semulus yang dibayangkan. Pada penerapannya, pengendara dibuat bingung dengan pola ganjil genap tersebut hingga akhirnya menyebabkan kemacetan cukup panjang dari dua arah.

“Baru tahu barusan saja ada ganjil genap. Malah macet, padahal hari biasanya itu enggak pernah semacet ini. Pengendara juga bingung, karena kan kita engga tahu plat nomor kita itu ganjil atau genap,” ungkap Ririn Nur Febriani, seorang pengendara kepada detikcom, Selasa (24/8/2021).

Ririn terjebak kemacetan sejak perbatasan Cimahi dengan Kabupaten Bandung Barat (KBB) tepatnya di Jalan Gadobangkong. Padahal biasanya kemacetan dari persimpangan Sangkuriang tak pernah sepanjang itu.

“Biasanya enggak sepanjang itu. Tapi tadi lebih parah, sampai 15 menitan. Ternyata lagi ada pemisahan ganjil genap,” ucap Ririn.

Kepala Satuan Lalu Lintas Polres Cimahi AKP Sudirianto mengatakan uji coba sistem ganjil genap ini bakal diterapkan selama tiga hari ke depan. Setelah itu akan dievaluasi untuk menentukan kebijakan tersebut selanjutnya.

“Ini uji coba dulu selama tiga hari. Nanti dilakukan evaluasi lagi. Sebelumnya Kami sudah berikan imbauan tiga hari sebelumnya, mungkin ada masyarakat yang belum tahu,” kata Sudirianto.

Sudirianto menjelaskan sistem ganjil genap ini diterapkan untuk membatasi mobilitas masyarakat di tengah Pemberlakuan Pembatasan Kegiatan Masyarakat (PPKM) Level 3 yang diperpanjang sampai 30 Agustus.

“Saat ini mobilitas bisa dibilang sudah mendekati normal, hampir 80 persen. Nah moment ini harus kita pertahankan, jangan sampai turun lagi ke level 4 karena mau ke level 3 akan lama,” tegas Sudirianto.

Berikut aturan selama ganjil genap di Kota Cimahi diterapkan:

1. Pemberlakuan ganjil genap pada hari Senin-Jumat pukul 08.00-18.00
2. Setiap kendaraan bermotor dengan plat ganjil dilarang melintasi ruas jalan ganjil genap saat tanggal genap
3. Setiap kendaraan bermotor dengan plat genap dilarang melintasi ruas jalan ganjil genap saat tanggal ganjil
4. Plat nomor ganjil genap merupakan satu angka terakhir dari plat nomor kendaran bermotor, sedangkan angka 0 dianggap genap
5. Pelanggaran terhadap pemberlakuan ganjil genap, tidak ditindak dengan tilang namun diputarbalikkan kembali.
6. Pembatasan lalu lintas dengan sistem ganjil genap tidak diberlakukan pada hari Sabtu, Minggu, dan hari libur nasional.

Pengecualian kendaraan sistem ganjil genap:

1. Kendaraan bermotor operasional TNI, POLRI, DISHUB, SATPOL PP, dan kendaraan pemerintah (TNKB warna merah dasar).
2. Kendaraan angkutan umum dengan TNKB warna dasar kuning.
3. Kendaraan ambulance.
4. Pemadam kebakaran.
5. Kendaraan angkutan online baik sepeda motor atau mobil
6. Kendaraan khusus pengangkut BBM (Bahan Bakar Minyak) atau BBG (Bahan Bakar Gas).
7. Kendaraan angkutan kebutuhan bahan pangan sehari-hari.
8. Kendaraan bertanda khusus yang membawa penyandang disabilitas.
9. Kendaraan untuk memberikan pertolongan pada kecelakaan lalu lintas.
10. Kendaraan pengangkut uang bank indonesia, antar bank, pengisian ATM dengan pengawasan dari petugas POLRI
11. Kendaraan untuk kepentingan tertentu dengan pengawalan dan atau sesuai asas diskresi petugas POLRI. (uha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed