oleh

Ghozali : Jadilah Mata Kasih, Bukan Mata Shukhti

Depok, korankompas.com – Pada kesempatan Subuh Menggapai Keberkahan (SMK) pekan kelima ini, Ustadz Ahmad Ghozali, berpesan kepada pengelola Pesantren Modern Primago Depok untuk berpikiran positif.

Acara ini, salah satu rutinitas setiap Jum’at ba’da subuh, pesertanya segenap pengelola Pesantren Modern Primago Depok, sebagai informasi, kegiatan ini mengadopsi dari kegiatan Masjid Kapal Munzalan Indonesia.

Kegiatan ini, ditayangkan live di youtube Primago, Primago Channel. Ustadz Ahmad Ghozali sebagai penceramahnya.

Awal ceramahnya, Ustadz Ahmad Ghozali mengingatkan tentang makna sesungguhnya dari kata liburan.

“Seperti yang sudah guru guru di Gontor ajarkan kepada kita, bahwasanya liburan itu ialah berpindahnya suatu kegiatan satu ke kegiatan yang lain, mengganti kegiatan yang sudah bermanfaat menjadi kegiatan yang lebih bermanfaat lagi, supaya, di tahun yang baru ini, semangat kita juga baru, niat kita juga diperbarui dan insya Allah, akan ada juga rezeki yang baru. Amin” papar Ahmad Ghozali.

Selain mengingatkan tentang makna liburan, Ustadz Ghozel – sapaan akrab Ahmad Ghozali, mengingatkan juga, tentang melihat segala sesuatu dengan positif, hal ini berkaitan dengan salah satu Mahfuzhot atau kata mutiara popular, yang bunyinya,

Bila kita melihat sesuatu dengan pandangan positif, maka semuanya akan terlihat baik. Tetapi bila kita melihat sesuatu dengan pandangan negatif, maka yang nampak adalah keburukan.

“Misalnya, ketika kita pergi shalat ke masjid, selesai shalat berjamaah sandal kita hilang dighasab atau dicuri orang. Kita ucapkan Innalillahi wa inna ilaihi raji’un, setelah itu kita cari hal positif dari musibah tersebut, alhamdulillah masjidnya deket, jadi tidak perlu jauh jauh nyeker, alhamdulillah ke masjidnya pakai motor, jadi tidak perlu nyeker. Maka ketika kita sudah mencari hal positif dari musibah tersebut, jangan lupa bersyukur. Karena ketika kita sudah bersyukur, maka hidup kita bisa lebih santai dan tidak jadi beban pikiran”  tambah ustadz Ghozel.

Sebelum menutup acara Subuh Menggapai Keberkahan pada jumat ini, ustadz Ghozel memberikan satu quotes yang diucapkan bersama-sama oleh para pengelola Pesantren Modern Primago “Semakin taat, semakin melesat. Semakin dekat, semakin cepat. Semakin melesat harus semakin banyak manfaat”

“Kita kirimkan Surat Alfatihah untuk Santriwan dan Santriwati kita, Walisantri kita, Guru Guru kita, Pendiri Primago, Pendiri Pondok Modern Darussalam Gontor, Pimpinan Primago, Pimpinan Pondok Modern Darussalam Gontor, semoga mereka semua semakin dikuatkan dalam menghadapi segala ujian. Alfaatihah” do’a Ustadz Ghozel di akhir ceramahnya. (Prim)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed