oleh

Harga Rp. 10.500 Perliter, Dua Puluh Ton Minyak Goreng Nasuha, Ludes Dalam Empat Jam

-Ekolinial-562 views

Jakarta, korankompas.com – Menghilangnya minyak goreng di pasaran sejak awal tahun, hingga hari ini menjelang datangnya ramadhan dan idul fitri, membuat masyarakat bertanya tanya, serta kesulitan mendapatkan minyak goreng.

Menteri Perdagangan (Mendag) Muhammad Luthfi menduga ada oknum-oknum yang berani mempermainkan minyak goreng, sehingga menyebabkan masyarakat masih kesulitan mendapatkan minyak goreng dengan harga murah.

Padahal dia bilang, sebenarnya stok minyak goreng yang dimiliki pemerintah cukup bahkan melimpah yang dihasilkan dari penerapan kebijakan DMO (domestic market obligation) dan DPO (domestic price obligation).

“Ini kita bicara seluruh Indonesia, 390 juta liter ini untuk seluruh Indonesia, per kemarin itu sudah 415 juta liter hanya dalam 20 hari,” ujar Mendag saat melakukan kunjungan ke Pasar Kebayoran Lama, Rabu (9/3/2022).

Sebelumnya, Sekretaris Jenderal Dewan Pimpinan Pusat Ikatan Pedagang Pasar Indonesia (IKAPPI) Reynaldi Sarijowan menuturkan harga minyak goreng curah masih tertahan tinggi di angka rata-rata nasional Rp17.100 per liter.

Harga itu relatif terpaut lebar dari harga eceran tertinggi atau HET yang ditetapkan oleh Kementerian Perdagangan untuk minyak goreng curah sebesar 11.500 per liter.

“Di beberapa pasar masih di angka Rp17.000, Rp18.000 bahkan sampai Rp20.000, tentu ada kendala apakah ada di hulu atau memang ada di distribusi,” kata Reynaldi melalui pesan suara, Senin (7/3/2022).

Hanya saja, kata Reynaldi, intervensi pemerintah lewat sejumlah manuver kebijakan tidak kunjung menekan gejolak harga di pasar sejak awal tahun ini.

Menyikapi keadaan langkanya minyak goreng tersebut di pasaran, komunitas Nasuha langsung gerak cepat menggelar Bazaar Minyak Goreng di sekitar wilayah anggotanya.

“Kami, Sahabat Nasuha, tidak mau berdebat, memperpanjang persoalan langkanya minyak goreng, komunitas kami sudah terbiasa menghadapi persoalan dengan High Quality Respone, sehingga langsung mampu memberikan solusi kepada masyarakat, mereka hari ini butuh minyak goreng, bukan perdebatan, ya kita siapkan minyak goreng berkualitas dengan harga murah” papar Haerul Ihwan, Ketua Umum Nasuha di Jalan Rawamangun Muka Selatan Jakarta Timur.

Sebagai informasi, Komunitas Lunas Utang dan Hidup Bahagia (Nasuha) ini, sebelumnya telah sukses menggelar Bazaar Minyak Goreng sebanyak 5.000 liter kepada masyarakat di Jakarta Timur pada Rabu (23/2/2022) lalu .

Bahkan Wakil Walikota Jakarta Timur, Hendra Hidayat hadir di lokasi penjualan minyak goreng murah tersebut dan mengapresiasi kegiatan tersebut.

“Hari ini, Rabu (23/2/2022) ada lima ribu liter minyak goreng yang disediakan Komunitas Nasuha untuk warga dengan harga Rp 10.500 per liter” ujar Wakil Walikota di hadapan beberapa wartawan yang meliput kegiatan spektakuler beberapa minggu lalu.

Melihat respon masyarakat yang sangat antusias terhadap Bazaar Minyak Goreng Nasuha ini, maka Komunitas Nasuha, menggelar kembali kegiatan yang jadi viral di media massa dan terutama di media sosial.

“Alhamdulillah, kali ini, Kamis (10/3/2022) Komunitas Nasuha diberi kepercayaan kembali oleh PT Rajawali Nusindo dan Idfood untuk mendistribusikan minyak goreng merk Apical curah sebanyak 20 ton. Kami mengucapkan terimakasih kepada perusahaan yang sudah memberi kuota minyak goreng tersebut. Kami langsung menyalurkan kepada masyarakat sesuai amanat yang diberikan oleh management PT Rajawali Nusindo” ujar Haerul selaku ketua Komunitas Nasuha.

Distribusi minyak goreng kali kedua ini, diselenggarakan oleh Komunitas Nasuha dengan standar
protokol kesehatan dan pengawalan satpol PP juga pihak Polsek Pulogadung ikut terlibat mengawal proses pembagin minyak.

Terlihat sejak pukul 08.00 wib pagi, hingga pukul 12.00 wib siang, masyarakat antri, rapih membawa kupon pengambilan minyak goreng sebanyak 5 liter dalam kemasan jerigen.

“Saya kebagian 2 kupon, karena baru tahu tadi pagi tentang Bazaar Minyak Goreng ini, tolong kegiatan begini terus dilakukan hingga ramadhan ya, karena masyarakat sangat membutuhkan sekali minyak goreng saat ini, tadi pagi saya muter muter ke pasar pasar, hanya dapat 4 liter, mahal pula” ujar Ari, warga Cipinang Jakarta.

“Saya tahu Bazaar Minyak ini dari grup whatsapp senam pulogadung, langsung saja kami rame rame ke Nasuha Care membeli minyak goreng, sayang dibatasi ya, kalau boleh banyak, bisa kami borong buat tetangga juga, benar benar susah mendapatkan minyak goreng saat ini, kenapa ya?” papar Suryani yang datang dari Pulogadung Jakarta, berboncengan.

Ragam tanggapan juga disampaikan Hery Kurniawan, Lurah Kota Administratif Jakarta Timur.
“Saya sebagai Lurah Rawamangun, merasa senang adanya gelaran Bazaar Minyak Goreng yang diadakan
oleh Komunitas Nasuha ini. Sebab sangat membantu warga kami khususnya dan masyarakat pada umumnya. Apalagi harganya, sangat murah. Tadi tenaga Penanganan Prasarana & Sarana Umum (PPSU)
Kelurahan Rawamangun banyak yang beli minyak goreng di sana, semoga menjadi agenda rutin saat masyarakat membutuhkan” jelas Lurah Rawamangun.

Sayangnya, kegiatan Bazaar Minyak Goreng kali ini, dimanfaatkan oleh oknum warga yang tidak
bertanggung jawab, oknum tersebut memalsukan kupon agar mendapatkan lebih banyak minyak goreng.
Panitia yang sudah jauh jauh hari mengantisipasi modus modus seperti itu, berhasil mencegah dengan mencocokan nomor kupon dan nomor antri order.

“Minyak goreng produksi PT Rajawali Nusindo ini, kami jual dengan harga Rp. 10.500 per liternya. Harga pabrik. Kami merasakan antusias masyarakat yang sangat tinggi untuk mendapatkan minyak goreng murah ini. Terbukti ribuan kupon minyak yang disiapkan ludes habis terserap terbagi ke masyarakat.
Kami juga sudah mengajukan 100 ton minyak goreng lagi untuk disebar di 10 titik lokasi anggota
Komunitas Nasuha seperti di Bekasi, Tangerang, Tangerang, Balaraja, Lampung, dll. Bantu kami, agar bisa terus mengadakan acara seperti ini, di waktu dan wilayah lainnya. Silahkan, bagi masyarakat yang ingin lebih tahu detail kegiatan komunitas Nasuha, bisa buka, youtube NASUHA CHANNEL”. tutup Haerul menjelaskan

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed