oleh

Hari Raya Idul Adha, Primago Peduli Tebar 5 Sapi & 7 Kambing ke 7 Titik Pendistribusian Daging Hewan Qurban

-Dakwah-47 views

Depok, korankompas.com – Primago Peduli – Hari Raya Idul Adha merupakan hari yang ditunggu-tunggu Umat Islam di dunia. Tak terkecuali, bagi santri dan Santriwati Pesantren Modern Primago Depok. Usai laksanakan Ibadah Shalat Idul Adha, Panitia Qurban Idul Adha 1443H lakukan penyebaran daging qurban ke beberapa lokasi yang telah ditentukan, kegiatan penyebaran daging qurban ini berlangsung selama tiga hari dari hari Ahad sampai selasa (10-12/07/2022).

Kegiatan penyembelihan hewan qurban ini melibatkan seluruh seluruh SDM Pesanteen Modern Primago, Masyarakat dan pastisipan, Ketua Panitia Qurban Primago Peduli Yayasan Pendidikan Primago Indonesia Ustad Abid Rafiullah mengatakan bahwa “Penyembelihan seluruh hewan qurban pada tahun ini ditargetkan dalam waktu tiga hari sudah selesai, baik yang bertugas dibagian pengulitan, penimbangan maupun pendistribusian sudah mencapai targetnya, sehingga kita sebagi panitia kerja lilah, tuntas dan rapi ” ujarnya.

Masih menurut alumni Gontor 2018 ini, seperti tahun sebelumnya, tahun ini kami Panitia diberi amanat 5 Ekor Sapi dan 7 Ekor Kambing. Jumlah hewan Qurban yang kami terima tahun ini lebih banyak dari tahun sebelumnya.

Ustadz Farhan Selaku Direktur Primago Peduli mengatakan “Pendistribusian Hewan Qurban tahun ini ada di 7 Titik, yaitu di Lingkungan Pesantren Modern Primago Kampus Putra, di Lingkungan Kampus Putrì Pesanteen Modern Primago, Bogor, Pebayuran Bekasi, Lampung, Jambi dan Semarang”

Selain itu beliau mengatakan, pembagian daging hewan qurban akan dilakukan dengan 2 sistim, yaitu pertama warga diberikan kupon dan mengambil di titik pendistribusian, kedua mengantarkan ke rumah-rumah warga di sekitar lingkungan Pesantren dan ada juga daging yang sudah masak akan di distribusikan ke beberapa Pesantren Penghafal Alquran dan Yatim di wilayah sawangan Depok. ujarnya.

Pada Idul Adha tahun ini Primago Peduli menyembelih 12 ekor hewan qurban. Terdiri dari 5 ekor sapi, dan 7 ekor kambing. Seluruh hewan kurban tersebut adalah titipan dari Pesantren Modern Primago, guru pesantren, Walisantri dan santri maupun santriwati Pesantren Modern Primago yang mepercayakan penyembelihan hewan qurbannya kepada Primago Peduli pada Hari Raya Idul Adha 1443H.

Ustadz Awaluddin Faj selaku Pimpinan Pesantren Modern Primago mengatakan “Idul Adha bukanlah sebatas membagikan daging qurban ke masyarakat, tetapi juga sebagai bentuk upaya untuk memelihara semangat kepedulian di tengah masyarakat. Menjaga semangat peduli dengan cara saling berbagi, karna pada dasarnya harta yang kita miliki di dunia ini adalah ujian dan jalan untuk mendekatkan diri kepada Allah”

Dalam hadits Rasulullah SAW bersabda:

”Tidaklah seorang manusia melakukan suatu amal pada hari Nahar (10 Dzulhijjah) yang lebih dicintai Allah SWT daripada menumpahkan darah (menyembelih kurban). Sesungguhnya hewan kurban itu akan datang pada hari kiamat dengan tanduk, bulu dan kukunya. Sesungguhnya Allah SWT telah menerima niat berkurban itu sebelum darahnya jatuh ke tanah. Maka jadikanlah diri kamu menyukai ibadah kurban itu”. (HR.Al-Hâkim, Ibnu Mâjah dan at-Tirmidzi). Ungkapnya

Mari kita jadikan Idul Adha ini sebagai momentum untuk menguatkan budaya saling berbagi antar sesama. Mudah-mudahan dengan ibadah qurban ini Allah SWT melipat gandakan pahala dan rezeki kita serta memudahkan segala urusan kita. (wal)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed