oleh

Joe Biden Makin Mantap Tarik Mundur Pasukan AS dari Afghanistan

Washington korankompas.com – Pemerintah Amerika Serikat (AS) mantap menarik mundur seluruh pasukan militernya dari Afghanistan per Agustus 2021. Namun, rencana yang dicetuskan Presiden AS Joe Biden ini menimbulkan kekhawatiran tersendiri.

“Penarikan pasukan militer Amerika serikat dari Afghanistan justru menimbulkan kekhawatiran akan adanya ancaman keamanan dari kelompok Taliban karena minimnya dukungan militer,” ujar presenter Metro TV, Wahyu Wiwoho, dalam program Metro Hari Ini, Minggu, 11 Juli 2021.

Penarikan pasukan militer Amerika gelombang terakhir dari Afghanistan ditargetkan selesai pada 31 Agustus mendatang. Setelahnya AS hanya akan menyediakan sekitar 650 pasukan di Afghanistan yang bertugas mengamankan kantor kedutaan besar di Kabul.

Penarikan pasukan Amerika dari Afghanistan mengakhiri invasi Amerika sejak 2001 untuk memburu Al-Qaeda. Kelompok ini disebut mendalangi teror di Negeri Paman Sam seperti serangan ke gedung World Trade Center pada 11 September 2000.

Kekhawatiran ini juga disampaikan pemerintah Indonesia KBRI di Kabul. Warga negara Indonesia (WNI) diminta untuk segera meninggalkan Afghanistan jika tidak ada keperluan mendesak. (Medcom/uha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed