oleh

Khasiat Nyata, Bang Data Sukses Usaha Kelapa

Bekasi, korankompas.com – Pada 2014 lampau, saat Bupati Purwakarta Dedy Mulyadi sakit, beliau tidak mau diinfus dengan cairan infus Kristaloid. Tapi minta diinfus dengan air kelapa muda ijo. Begitu model penyembuhan Tokoh Sunda ini setiap tidak enak badan.

Merebaknya wabah pandemi covid 19 saat ini juga, banyak sebagian warga yang mengkonsumsi air kelapa dan isinya untuk menjaga kesehatan dan imunitas tubuh.

Inilah yang membuat Bang Data, warga gang Telkom Padurenan bisa bertahan usaha jual kelapa muda di depan rumahnya RT 4 RW 5 Padurenan Mustikajaya Kota Bekasi.

Hanya saja, akibat adanya pembatasan social, pasokan dari supplier kelapa mengalami penurunan.
padahal sebelum pandemi, Bang Data bisa menjual 100 butir perhari.

“Alhamdulillah, sekarang masih bisa jual 50 butir perhari” kata Bang Data, saat ditemui wartawan media ini di tempat buka usahanya.

“Saya udah lima tahun jualan kelapa muda, Alhamdulillah warga sini banyak yang mengkonsumsi, moga pada sehat” tambah pria 38 tahun asli kelahiran bekasi ini.

Menurut situs hallosehat, air kelapa mengandung berbagai manfaat untuk kesehatan manusia, terlebih di masa seperti sekarang ini, di tengah serangan pandemic covid 19 begini.

Kalau bisa setiap orang mengkonsumsi air kelapa muda sehari satu butir.

Manfaatnya antara lain :

  1. Memperlambat penuaan

Kandungan sitokinin, salah satu hormon pertumbuhan, dalam air kelapa berfungsi untuk mengatur pertumbuhan, perkembangan, dan penuaan sel.

  1. Mengatur tekanan darah dan kolesterol

Air kelapa mengandung kalium yang tinggi dan natrium yang rendah dalam air kelapa.

Natrium menurunkan kadar gula darah penderita darah tinggi, mencegah terbentuknya penggumpalan darah dan membantu meningkatkan HDL (kolesterol baik).

  1. Baik untuk kesehatan pencernaan

Air kelapa mampu mengobati diare, gangguan pencernaan, konstipasi, cacingan, infeksi kandung kemih, dan gangguan ginjal, air kelapa dapat menggantikan cairan yang hilang dari saluran gastrointestinal.

Bahkan, osmolaritas air kelapa lebih besar dibandingkan dengan ORS (Oral Rehydration Therapy) yang direkomendasikan WHO untuk pengobatan diare.

Dalam air kelapa ada kandungan asam amino, enzim, mineral, dan asam lemak sehingga membuatnya punya osmolaritas tinggi.

  1. Mencegah penyakit batu ginjal

Air kelapa ternyata bisa mencegah kristal menempel pada ginjal dan saluran kemih. Hal ini terjadi karena air kelapa dapat meminimalisir radikal bebas yang terbentuk akibat tingginya kadar oksalat di dalam urine.

  1. Mendukung fungsi organ tubuh

Kandungan enzim yang ada di dalam air kelapa juga membantu sistem pencernaan dan metabolisme tubuh.

Enzim yang bekerja untuk mendukung khasiat air kelapa ini adalah asam fosfatase, katalase, dehidrogenase, diastase, peroksidase, RNA-polimerase, dan lainnya.

  1. Menghalau radikal bebas

Antioksidan yang terdapat pada air kelapa berkhasiat untuk meredakan efek stres oksidatif ini sehingga mampu menangkal zat radikal yang berbahaya.

  1. Menggantikan cairan tubuh yang hilang

Air kelapa merupakan minuman isotonik alami, kandungan elektrolit dalam air kelapa dapat menggantikan cairan tubuh yang hilang saat bekerja atau olahraga.

“Buat warga yang mau pesan air kelapa, telpon atau whatsapp aja, ntar saya anterin” tutup Bang Data. (Penulis Uha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed