oleh

Pasang Karpet Masjid, Ibadah Sholat Makin Khusyu’

Jakarta, korankompas.com – Untuk menunjang kenyamanan jamaah dalam beribadah maka wajib memasang karpet masjid. Simak bedanya karpet masjid dengan karpet pada umumnya. Jangan lupa cek juga cara membersihkan karpet masjid yang benar.

Karpet, Alas Lantai yang Memiliki Banyak Manfaat

Karpet Masjid banyak manfaatnya untuk sholat
Karpet Masjid banyak manfaatnya untuk sholat

Karpet merupakan alas lantai yang bisa menambah kesan indah pada ruangan. Karpet juga bisa digunakan sebagai alas duduk. Sejak dulu karpet digunakan untuk berbagai macam keperluan tergantung ukuran dan motifnya. Karpet dengan ukuran besar biasanya digunakan untuk hajatan atau kala ada acara di rumah. Sementara karpet ukuran kecil biasanya digunakan untuk menjadi focal point suatu ruangan.

Pada umumnya karpet hadir dalam warna dan motif yang berbeda. Pemilihan karpet berdasarkan warna dan motif bisa memberi kesan berbeda juga pada ruangan. Misalnya, karpet berwarna lembut dengan motif bunga bisa memberi kesan romantis, karpet dengan warna bold dan motif abstrak bisa memberi kesan modern, dan seterusnya.

Manfaat karpet pun tidak sekadar sebagai alas duduk dan pemanis ruangan saja. Karpet juga bisa digunakan untuk meredam kebisingan, menghindari gesekan lantai dengan furnitur, dan bisa memberi sensasi nyaman untuk melangkah. Begitu banyaknya manfaat karpet, sehingga tidak heran jika orang selalu ingin menghias suatu ruangan dengan karpet.

Karpet Biasa dan Karpet Masjid Memiliki Perbedaan yang Signifikan

Perbedaan antara karpet biasa dengan karpet masjid
Karpet Masjid banyak manfaatnya untuk sholat

Karpet hadir dalam berbagai jenis, salah satunya adalah karpet masjid. Ini merupakan karpet khusus dengan potongan dan model khusus untuk beribadah. Karpet masjid memiliki perbedaan yang sangat mendasar dengan karpet pada umumnya.

Perbedaan yang paling signifikan adalah dari motifnya. Karpet pada umumnya memiliki motif yang beragam. Sementara karpet masjid cenderung polos dengan pinggiran saja atau memiliki gambar masjid. Perbedaan lainnya adalah dari segi ukuran, karpet masjid ukurannya memanjang untuk memudahkan jamaah membentuk shaf yang rapi.

Karpet masjid memiliki bahan yang tebal dan terbuat dari nilon. Ini sengaja supaya karpet tidak mudah terlipat atau bergeser. Bahan karpet masjid juga dibuat selembut mungkin sehingga jamaah bisa merasa lebih nyaman memakainya.

Manfaat Karpet Masjid

  1. Memperindah Interior Masjid
Masjid harus indah, agar jamaah senang memasukinya
Masjid harus indah, agar jamaah senang memasukinya

Karpet masjid memiliki banyak sekali manfaat. Sama seperti karpet pada umumnya, karpet masjid juga memiliki fungsi untuk mempermanis dekor ruangan, dalam hal ini dekorasi interior masjid. Dengan penambahan karpet masjid maka masjid bisa terkesan lebih indah dan tertata rapi. Pilihan motif dan warnanya juga bisa bikin masjid jadi makin menawan. Apalagi jika pemilihan warna karpet masjid tepat, maka tentu bisa memberi kesan lebih elegan.

  1. Memudahkan Jamaah Meluruskan Shaf
Karpet Masjid bisa meluruskan shaf jamaah
Karpet Masjid bisa meluruskan shaf jamaah

Karpet masjid juga memiliki manfaat lain yang tidak kalah penting yakni untuk membantu jamaah meluruskan shaf saat beribadah. Saat salat, penting untuk meluruskan dan mensejajarkan shaf salat.

Saat memakai sajadah biasa, umumnya shaf kurang rapat atau bisa jadi terlalu longgar karena ukuran sajadah tiap jamaah berbeda. Lain hanya jika sudah memakai karpet masjid.

Ini karena pada karpet masjid kadang sudah ada jarak yang pas untuk setiap jamaah sehingga shat bisa lebih lurus, tidak terlalu renggang, dan tidak terlalu rapat juga jaraknya.

  1. Membuat Ibadah Lebih Nyaman
Karpet masjid yang tebal lebih membuat nyaman saat sujud
Karpet masjid yang tebal lebih membuat nyaman saat sujud

Karpet masjid bisa membuat ibadah jadi lebih nyaman. Salat butuh ketenangan dan kenyamanan. Saat tempat salatnya indah, nyaman, bersih, dan teratur, maka ibadah salat pun jadi lebih lancar.

Apalagi jika bahan karpetnya lembut dan halus, tentu saat bersujud lebih nyaman. Dengan memakai karpet masjid maka jamaah tak perlu repot membawa sajadah saat ke masjid.

  1. Membuat Jamaah lebih Bersemangat dan Khusyuk Salat
Karpet lebih membuat jamaah bersemangat dalam ibadah
Karpet lebih membuat jamaah bersemangat dalam ibadah

Adanya karpet masjid membuat jamaah jadi lebih khusyuk dan bersemangat dalam beribadah. Saat karpet masjidnya empuk, wangi, lembut, dan bersih, tentu jamaah jadi lebih khusyuk untuk berdoa pada Sang Pencipta.

Ini sebabnya, pemilihan karpet masjid juga tidak bisa asal dan sembarangan saja. Pilih yang kualitasnya bagus dan ketebalannya pas sehingga bisa membuat jamaah lebih betah berlama-lama berdoa di dalam masjid.

  1. Tips Merawat Karpet Masjid
Membersihkan karpet secara berkala adalah ibadah
Membersihkan karpet secara berkala adalah ibadah

Kebersihan karpet masjid harus dijaga bersama. Selain menyapu lantai dan membersihkan kaca, kebersihan karpet masjid juga wajib diperhatikan. Karpet masjid yang berdebu tentu bikin kurang nyaman dan pastinya jadi sarang penyakit. Maka dari itu, sebaiknya Anda tahu cara memberikan karpet masjid dengan baik dan benar.

Pertama, gunakan vacuum cleaner untuk menyedot debu dan kotoran pada karpet masjid. Anda bisa melakukan penyedotan debu setidaknya 2 kali seminggu. Pembersihan ini akan membuat karpet jadi lebih tahan lama digunakan dan warnanya tidak mudah pudar karena tidak tertutup debu.

Selanjutnya, Anda wajib menghindarkan karpet masjid dari suhu yang lembap. Ini karena suhu lembap bisa menimbulkan jamur yellow mold. Selain itu suhu lembap juga bisa membuat karpet masjid jadi berbau tidak sedap. Seringkali, jamaah yang kakinya basah langsung menginjak karpet.

Hal ini bikin karpet jadi mudah lembap. Untuk menghindari terjadinya hal ini, Anda bisa berikan keset bihun atau keset rubber yang diatasnya dilapisi handuk pada area tempat wudhu hingga ke masjid. Dengan begini, kaki jamaah akan kering saat memasuki masjid.

Hindari juga membawa makanan dan minuman ke dalam masjid. Dikhawatirkan makanan dan minuman bisa tumpah di karpet masjid. Jika sudah begini akan susah membersihkannya karena karpet masjid tergolong tebal.

Semisal terkena tumpahan, maka segera bersihkan tumpahan tersebut memakai handuk basah lalu peras dan usapkan sambil ditekan sampai tumpahannya meresap pada handuk. Anda bisa juga memakai vacuum cleaner agar sisa tumpahan cepat kering. (uha)

Order karpet
Order karpet

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed