oleh

Pecatur NPCI Jawa Timur, Siap Sikat Medali Emas di Peparnas XVI Papua

Surabaya, korankompas.com – Selain gelaran PON XX di Papua, juga akan digelar PEPARNAS XVI 2021.

Pekan Paralimpik Nasional (Peparnas) XVI 2021 Papua akan dilaksanakan pada 2-15 November 2021.

Pesta olahraga nasional antar atlet disabilitas se-Tanah Air ini akan dipusatkan di kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura dengan mempertandingkan 12 cabang olahraga (cabor).

Susu Supergoat
Susu Supergoat

“Peparnas nanti akan mempertandingkan 12 cabang olahraga,” ucap Ketua Harian Panitia Besar Peparnas XVI Papua Doren Wakerkwa.

Doren menyebut cabang olahraga dimaksud adalah angkat berat, atletik, boccia, bulu tangkis, catur, judo, menembak, panahan, renang, sepak bola CP, tenis lapangan kursi roda, dan tenis meja.

Doren menambahkan Papernas akan berlangsung pada dua tempat atau klaster.

“Klaster Kota Jayapura dan Kabupaten Jayapura,” ujar Doren Wakerkwa.

Secara rinci, Doren mengatakan, Kota Jayapura akan menjadi tuan rumah cabang olahraga tenis meja, bulu tangkis catur, judo, sepak bola CP, dan tenis kursi roda lapangan.

Lantas, Kabupaten Jayapura menjadi penyelenggara cabang olahraga atletik, menembak, panahan, renang, boccia, dan angkat besi.

Doren mengungkapkan Peparnas kali ini akan dimeriahkan 2.725 atlet dan ofisial dari masing masing National Paralympic Committee Indonesia (NPCI) seluruh provinsi di Indonesia.

Jumlah tersebut belum termasuk dengan para panitia pelaksana yang jika ditotal mencapai 5.494 orang.

Doren juga berharap, media tidak hanya menggaungkan penyelenggaraan PON XX, melainkan juga Peparnas XVI.

 

Salah satu propinsi yang akan mengikuti Peparnas XVI di Papua adalah NPCI Jawa Timur.

Ketua National Paralympic Committee (NPCI) Provinsi Jawa Timur, Imam Kuncoro, sudah mempersiapkan 71 atlet difabel yang akan mengikuti laga di Peparnas XVI.

Mereka hanya akan mengikuti 10 cabang olah raga dari 12 cabang olah raga yang dipertandingkan.
Cabang olahraga yang dimaksud itu yakni : atletik, boccia, bulu tangkis, judo tunanetra, menembak, panahan, renang, sepak bola, tenis meja, dan catur.

“Para atlet yang terpilih adalah atlet difabel terbaik yang telah terseleksi dan menjadi jawara dalam Pekan Paralimpik Olahraga Provinsi Jawa Timur (Peparprov jatim). Kami menargetkan untuk meraih 21 medali emas, perak dan perunggu,” ungkap Imam kepada wartawan media ini.

Khusus untuk cabang olah raga catur, sudah menargetkan 4 medali emas. Hal tersebut diungkapkan Supardi, kordinator sekaligus pelatih cabor catur NPCI Jawa Timur, saat dihubungi wartawan media ini, sesaat sebelum mengikuti rapat di Kantor Dispora Propinsi Jawa Timur, Kamis (7/10) siang.

Motivasi kuat bakal meraih 4 medali emas, menurut Supardi adalah, persiapan atlit catur NPCI Jatim di Peparnas XVI ini lebih maksimal, beda dengan Peparnas sebelumnya, tanpa latihan langsung berangkat dan meraih juara.

“Kami memiliki atlit catur yang kemampuan interpersonal skill nya bagus, tidak diragukan lagi untuk bertanding di tingkat nasional. Ada Sujarwo, ada Bayu, ada Homaidi dan 10 pemain catur lainnya yang akan berangkat ke Papua nanti” tegas Supardi, di Gedung Graha Unesa Surabaya.

“Kami mohon do’a dan support dari seluruh masyarakat Jawa Timur, agar tim catur kami, mampu menyumbangkan prestasi tertinggi bagi Propinsi Jawa Timur” harap Supardi. (uha)

 

Kabarkan cabang olah raga yang anda ikuti ke whatsapp redaksi korankompas.com 082111335511

 

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed