oleh

Punya Jokowi Kecil, Punya Pak Harto Gede

-Otolineal-343 views

Jakarta, korankompas.com – Masyarakat Indonesia sepertinya memang punya ketertarikan khusus dengan sepeda motor. Beragam motor klasik dan motor modifikasi bisa kita temukan di garasi-garasi sebagian orang yang memang senang mengkoleksinya.
Bahkan sejarah membuktikan kalau empat orang yang pernah menjadi Presiden Indonesia — termasuk Joko Widodo yang saat ini masih menjabat– punya cerita dengan sepeda motor yang unik. Unik dalam artian bukan sepeda motor yang umum dimiliki orang-orang.

Soeharto dengan Moge Harley Davidson Softtail Classic
Motor Harley Davidson yang digunakan Pak Harto ini cukup sulit dikenali tipenya. sedikitnya informasi dan hanya berdasar pada foto-foto yang beredar membuat kami perlu menerka-nerka tipe motor ini.
Jusri Pulubuhu, pria yang aktif di komunitas Harley Davidson Indonesia, menjelaskan bahwa motor yang ditunggangi Bapak Pembangunan ini adalah Harley Davidson Softail Classic. Memiliki kode FLSTC, motor yang dipakai Pak Harto ini diproduksi sejak tahun 1986.
Layaknya Motor Harley Davidson lainnya motor ini menggendong mesin V-Twin dengan kapasitas 1.337 cc berpendingin udara. Mesin ini mampu menghasilkan tenaga sampai 67 daya kuda (dk) pada 6.000 rpm dan torsi maksimum 97 Nm pada 2350 rpm.
Motor dibangun menggunakan rangka double cradle. Moge ini tampak gagah dengan sokongan ban depan dan belakang ukuran 16 inci.
Selain itu, lampu utama juga burbentuk bulat. Satu lagi hal yang menonjol, Pak Harto juga menambahkan sespan (sidecar) agar motornya ini bisa membawa penumpang lain. Letjen TNI (Purn) Soegiono dan B. J. Habibie adalah beberapa orang yang sempat mencoba duduk di sespan ini.

Jokowi dengan Mocil Royal Enfield Bullet 350, modifikasi chopper
Nah, yang paling banyak dibicarakan belakangan ini tentu saja Jokowi dengan motor emasnya yang diberi nama Chopperland. Motor yang satu ini adalah hasi kolaborasi dua bengkel kustom, Elders Garage dan Kickass Chopper.
Bukan hanya warna emasnya yang menarik mata, modifikasi total yang dilakukan pada motor ini juga menarik untuk diulik lebih jauh.
Chopperland sendiri mengusung kubikasi mesin 346 cc satu silinder dari motor Royal Enfield Bullet yang mampu mengeluarkan tenaga sebesar 20 daya kuda (dk) pada 5.250 rpm dan torsi maksimalnya mencapai 28 Nm pada 4.000 rpm yang disalurkan pada transmisi manual 5-percepatan.

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed