oleh

Vaksin Haram, Daruratkah?

-Kesehatan-321 views

Jakarta, korankompas.com – Pandemi Covid19 sudah hampir 2 tahun melanda dunia, saat ini penggunaan vaksin Covid19 menjadi syarat wajib bagi setiap individu mengingat pengobatan dengan menggunakan media oral masih belum ditemukan.

Vaksin adalah salah satu cara untuk meningkatkan imunitas tubuh jika suatu penyakit datang menyerang, diharapkan vaksin yang diberikan sebelumnya sudah membentuk antibodi terhadap penyakit tersebut.

Namun pada faktanya, proses pembuatan vaksin sebagian besar menggunakan bahan baku yang bersumber dari bahan non-halal, tapi karena kebutuhan yang medesak, MUI mengeluarkan fatwa untuk mengizinkan penggunaan vaksin yang mengandung bahan non-halal tersebut.

Apakah sedemikian darurat, sehingga vaksin yang mengandung bahan non-halal diperbolehkan untuk digunakan bagi umat Muslim?

Ini menjadi masalah pertama, mengingat ada kemungkinan cara lain untuk meningkatkan imunitas tubuh.

Permasalahan kedua, kewajiban untuk vaksin Covid19 membawa efek cukup besar di masyarakat, mengingat pemerintah mewajibkan masyarakat untuk mendapatkan vaksin Covid19, jika ingin menggunakan fasilitas umum, sehingga hal ini menimbulkan polemik dan kegalauan bagi umat Muslim dalam mengambil keputusan untuk melakukan vaksin.

Kegalauan ini, melahirkan pertanyaan demi pertanyaan, dan Halal Corner, sebagai lembaga yang independen, serta peduli di bidang edukasi halal, banyak menerima pertanyaan dari masyarakat muslim.

Atas dasar inilah, Halal Corner sebagai jembatan masyarakat dan lembaga-lembaga terkait, akan menggelar kegiatan Webinar dengan mengusung tema “ Vaksin Haram, Daruratkah?”.

Webinar kali ini, akan diadakan melalui platform Zoom.

Acara akan dilaksanakan pada hari Minggu 5 Desember 2021 mendatang.

Acara ini terbagi menjadi tiga sesi, dengan pembicara yang berbeda, dan masing masing sudah ahli dibidangnya.

Pertama dimulai dengan materi tentang Titik Kritis Kehalalan Vaksin, oleh LPPOM MUI.

Dilanjutkan dengan sesi kedua dengan materi Fatwa Darurat untuk Vaksin Haram oleh Pihak Komisi Fatwa MUI.

Dan untuk sesi terakhir atau sesi ketiga dengan materi Regulasi Vaksin Sebagai Syarat Adminitrasi dan Penggunaaan Fasilitas Umum akan disampaikan pihak KEMENKES.

Dengan mengutamakan semangat edukasi halal kepada masyarakat, acara ini bisa diikuti oleh siapa saja dan tidak berbayar.

Bagi yang ingin berpartisipasi dalam acara ini, dapat menghubungi Tim Halal Corner melalui WhatsApp dengan nomor 081804447770 (Iffa) dan berbagai sosial media Halal Corner.

Adapun pendaftaran untuk mengikuti webinar dapat melalui klik link berikut ini

https://bit.ly/yukdaftarwebinarvaksin (adv)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed