oleh

Yatim dan Hafidz Alqur’an Dapat Ribuan Kilogram Beras

Depok, korankompas.com – Gerakan penyaluran beras untuk meringankan beban para santri dan santriwati Penghafal Al-Qur’an, rutin tiap bulan diberikan oleh Gerakan Infaq Beras (GIB) Depok bersama Primago Peduli.

Ustadz Farhan, selaku Koordinator Primago Peduli mengatakan, bahwa gerakan yang dijalankan bersama-sama, tidak terlepas dari pedoman  ayat Al qur’an yakni QS. Muhammad 47 : Ayat 7  yang berbunyi ”Wahai orang-orang yang beriman, jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya dia akan menolongmu dan meneguhkan kedudukanmu”.

Juga sesuai sabda Rasulullah Saw dalam Hadist Riwayat Bukhari bahwasannya, “Aku (Muhammad) dan pengasuh anak yatim kelak di surga seperti dua jari ini, (Rasulullah shallallahu’alaihi wassallam menunjuk jari telunjuk dan jari tengah dan merapatkan keduanya.”

Alhamdulillah, sinergitas antara Gerakan Infaq Beras (GIB) Depok bekerjasama dengan Primago Peduli membawa dampak positif dan kebermanfaatan, sehingga setiap bulannya, bisa mendistribusikan kurang lebih 2 ton beras, dengan penerima manfaat sebanyak 26 Pesantren di Kota Depok. Ungkap ustad Farhan.

Adanya Gerakan Infaq Beras (GIB) ini, sebagai bentuk dukungan moril dan materil dari umat muslim kepada sesame muslim.

Ribuan kilogram beras tersebut dibagikan kepada 1.604 santri, penghafal Al-Qur’an, yatim, dhuafa dan fisabilillah.

Berikut adalah daftar pesantren penerima bantuan beras pada Januari 2022 ini :

  1. Panti Asuhan Ar-Ridho 100 Kg beras,
  2. Yayasan Yatama Az-Zikra 100 Kg beras,
  3. Yayasan Sakinah 80 Kg beras,
  4. Yayasan Al-Amanah 100 Kg beras,
  5. Yayasan Said Yusuf 40 Kg beras,
  6. Pondok Wisma Karya Bakti 120 Kg beras,
  7. Pondok Yatim Al Hayya 120 Kg beras,
  8. Rumah Tahfiz Binaul Ummah 100 Kg beras,
  9. Pondok Asykar Kauny 80 Kg beras,
  10. Pondok Pesantren Raudhatul Mustafa 40 Kg beras,
  11. Ma’had Sengon Cinere 60 Kg beras,
  12. Yayasan Tahfidz Sulaimaniah 40 Kg beras,
  13. Pondok Pesantren Al Wutsqo 60 Kg beras,
  14. Pondok Tahfiz Putri Ulul Albab 60 Kg beras,
  15. Pesantren Miftahul Huda 1 & Pesantren Miftahul Hudaa 2 80 Kg beras,
  16. Rumah Tahfiz Marzukiyyah 40 Kg beras,
  17. Yayasan Hayatul Amalul Khoir 60 Kg beras,
  18. Pondok Pesantren Al Kindi 80 Kg beras,
  19. Yayasan Al Maghfiroh Centre 69 40 Kg beras,
  20. Pondok Al Ma’uunah 60 Kg beras,
  21. Pondok As-salamah 100 Kg beras,
  22. Pesantren Hidayatul Anshar 60 Kg beras,
  23. Pondok Ribhatul Mujtaba 60 Kg beras,
  24. Yayasan As Syuhadaa – Ponpes Ahsanul Fata 60 Kg beras,
  25. Domyadhu Tanah Baru 40 Kg beras.
  26. Pondok pesantren Jam’iyyah Ahlis Suffah 40Kg

“Program ini merupakan hasil kerjasama Komunitas Gerakan Infaq Beras Depok dengan Primago Peduli. Disini kami (Primago Peduli) bertugas mendistribusikan beras beras dari para donatur GIB Depok ke yayasan maupun pondok pesantren tahfiz untuk anak – anak yatim yang berada di daerah Sawangan Depok” ujar Ustadz Farhan.

Kegiatan ini juga melibatkan santri pesantren primago peduli sebanyak 11 orang. Harapan diikutsertakan dalam kegiatan ini, semoga bisa mendidik para santri agar melihat secara langsung dampak dari berbagi bagi yang membutuhkan.

“Dengan mengikuti kegiatan ini, saya bisa belajar membantu orang lain yang sedang kesusahan, sehingga saya lebih semangat untuk berbagi” ucap Azka, siswa kelas 5 Primago Islamic School (PIS).

Ustad Zukri, Salah satu guru di Pondok Pesantren Ahsanul Fata mengatakan, gerakan infaq beras yang dilakukan Paskhas (Pasukan Amal Sholeh) sangat membantu sekali.

“Semoga gerakan infaq beras ini tidak hanya satu atau dua kali, tapi bisa istiqomah, agar para santri-santri bisa mengonsumsi beras terbaik dari para orang baik” ucap Ustadz Zukri.

Ustad Awaluddin Faj, Selaku Ketua Yayasan Pendidikan Primago Indonesia (YPPI) Kota Depok mengatakan, Sinergitas dua lembaga, yaitu GIB Kota Depok dan Primago Peduli semoga membawa manfaat seluas-luasnya dan memberikan maslahat untuk pesantren penghafal Al-Qur’an dan adik-adik yatim di kota Depok, semoga setiap lelah dirasa, dijadikan Lillah, sehingga tidak ada beban untuk berbuat dan beramal sebesar seinsyafanmu, sebesar itu pula keuntunganmu.

“Wahai orang-orang yang beriman! Jika kamu menolong (agama) Allah, niscaya Dia akan menolong mu dan meneguhkan kedudukan mu.”

Bagi kaum Muslimin dan para Donatur yang ingin berpartisipasi pada Program-program Primago Peduli bisa disalurkan di Rekening:

Bank BRI No. Rek: 228601000140309 a.n: Yayasan Pendidikan Primago Indonesia dan juga bisa langsung menghubungi nomor Whatsapp : 081315064080 admin primago peduli. (uha)

Komentar

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan.

News Feed